mengembangkan sikap mental bisnis orang cina
1.falsafah dan budaya bisnis cina
berikut ini adalah falsafah bisnis orang cina :
- untuk mencapaii sukses orang cina harus berdagang
- berdagang dapat dijadikan sebagai hobi tetapi bukan untuk mengisi waktu luang
- pengalaman berdagang diberikan kepada anak cucu
- keuntungan yang diperoleh sebaiknya tidak diperbelanjakan
- suka perdagangan yang memberikan keuntungan jangka panjang
- pedagang yang jatuh akan merasa sakit, namun yang sakit itulah yang akan merasa bangkit
berikut adalah budaya bisnis orang cina :
- orang cina rela bangun pagi dan terus bekerja sampai malam untuk mencapai keberhasilan
- berpikir cepat dalam niat berdagang
- kegagalan pertama tidap melunturkan semangat
- menetapkan tujuan jangka panjang dalam berdagang
- budaya dagang cina mengutamakan hal penting, siapa cepat dia dapat
2. sistem dan seni bisnis cina
1. orang cina mengizinkan pelanggannya membuat pilihan sendiri tanpa ada tekanan dari pemilik
2. dalam wirausaha diperlukan adanya kecermatan atau ketelitian yang tinggi dan sikap fleksibel
3.seni berdagang cina menggunakan prinsip win-win solution
4. pengusaha harus rajin bekerja ,ramah , dan menjadikan pelanggan sebagai sahabat dekat
5. pengusaha harus memiliki daya tahan ,mental ,dan jiwa yang kuat
3. etika keberhasilan orang cina
- melarang cara cara kotor untuk menjatuhkan orang lain
- pedagang dilarang menganggu dan menjelek-jelekan kegiatan perdagangan orang lain
- pedagang tidak boleh terlalu kaku, namun perlu memperbolehkan proses tawar menawar
4. cara bisnis orang cina
- untuk dapat menjadi pedagang sukses harus mendapatkan keyakinan dari pelanggan
- tidak boleh pelit dalam memuaskan hati para pelanggan
- bekerja minimal 18 per hari
- harus beradaptasi dalam kondisi yang ada
- tempat usaha harus mudah diakses dan haruss menarik minat konsumen
- harus mengikuti pola pikir / minat konsumen
- bekerja sendiri supaya dapat mandiri
- citra dibentuk dengan pelayanan yang diberikan
- lebih suka memperkejakan sanak saudara untuk membantu penjualan
- akan merasa rendah diri jika merasa gagal hidup
- sebagian keuntungan harus disimpan untuk mengembangkan kegiatan tersebut
Sumber : Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat , Jakarta (Universitas Mercu Buana)
1.falsafah dan budaya bisnis cina
berikut ini adalah falsafah bisnis orang cina :
- untuk mencapaii sukses orang cina harus berdagang
- berdagang dapat dijadikan sebagai hobi tetapi bukan untuk mengisi waktu luang
- pengalaman berdagang diberikan kepada anak cucu
- keuntungan yang diperoleh sebaiknya tidak diperbelanjakan
- suka perdagangan yang memberikan keuntungan jangka panjang
- pedagang yang jatuh akan merasa sakit, namun yang sakit itulah yang akan merasa bangkit
berikut adalah budaya bisnis orang cina :
- orang cina rela bangun pagi dan terus bekerja sampai malam untuk mencapai keberhasilan
- berpikir cepat dalam niat berdagang
- kegagalan pertama tidap melunturkan semangat
- menetapkan tujuan jangka panjang dalam berdagang
- budaya dagang cina mengutamakan hal penting, siapa cepat dia dapat
2. sistem dan seni bisnis cina
1. orang cina mengizinkan pelanggannya membuat pilihan sendiri tanpa ada tekanan dari pemilik
2. dalam wirausaha diperlukan adanya kecermatan atau ketelitian yang tinggi dan sikap fleksibel
3.seni berdagang cina menggunakan prinsip win-win solution
4. pengusaha harus rajin bekerja ,ramah , dan menjadikan pelanggan sebagai sahabat dekat
5. pengusaha harus memiliki daya tahan ,mental ,dan jiwa yang kuat
3. etika keberhasilan orang cina
- melarang cara cara kotor untuk menjatuhkan orang lain
- pedagang dilarang menganggu dan menjelek-jelekan kegiatan perdagangan orang lain
- pedagang tidak boleh terlalu kaku, namun perlu memperbolehkan proses tawar menawar
4. cara bisnis orang cina
- untuk dapat menjadi pedagang sukses harus mendapatkan keyakinan dari pelanggan
- tidak boleh pelit dalam memuaskan hati para pelanggan
- bekerja minimal 18 per hari
- harus beradaptasi dalam kondisi yang ada
- tempat usaha harus mudah diakses dan haruss menarik minat konsumen
- harus mengikuti pola pikir / minat konsumen
- bekerja sendiri supaya dapat mandiri
- citra dibentuk dengan pelayanan yang diberikan
- lebih suka memperkejakan sanak saudara untuk membantu penjualan
- akan merasa rendah diri jika merasa gagal hidup
- sebagian keuntungan harus disimpan untuk mengembangkan kegiatan tersebut
Sumber : Buku Kewirausahaan "Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda", Salemba Empat , Jakarta (Universitas Mercu Buana)
0 komentar:
Posting Komentar